was successfully added to your cart.

Ingin Program Coaching Berjalan Dengan Optimal? Ikuti 4 Proses Ini!

Coaching Certification Indonesia 2

Coaching Certification Indonesia 2

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa inti dari coaching bukanlah untuk memberikan arahan, menasehati, memberikan masukan atau solusi kepada coachee, tetapi lebih kepada percakapan terstruktur dengan memberikan banyak pertanyaan yang dapat memicu kesadaran diri, mengeluarkan potensi terbaik dan memprovokasi tindakan kreatif coachee sehingga coachee dapat memecahkan permasalahannya sendiri. Lalu sudah benarkah proses coaching yang Anda lakukan sehingga coachee dapat memecahkan permasalahannya sendiri? Yuk, simak ulasan mengenai proses coaching yang benar dibawah ini.

Berbicara mengenai proses, menurut pengertian secara umum proses merupakan serangkaian langkah sistematis atau tahapan yang jelas untuk mencapai hasil yang diinginkan. Begitu pula dengan proses coaching, bila Anda sebagai seorang professional coach melakukan coaching dengan langkah yang sistematis atau tahapan yang jelas, maka dapat dipastikan coaching yang Anda lakukan akan berjalan dengan optimal dan pada akhirnya coachee dapat menemukan cara untuk memecahkan permasalahannya sendiri.

Nah, berikut adalah 3.0 Coaching Process yang ESQ Coaching Academy percaya bahwa proses ini akan membuat coaching berjalan dengan optimal, sehingga coachee dapat menemukan cara untuk memecahkan permasalahannya sendiri.

1. Pre Coaching 

Sebelum sesi coaching dimulai, persiapkanlah fisik serta mental Anda sebagai seorang professional coach dan jangan lupa untuk menyiapkan fisik dan mental coachee. Setelah Anda menyiapkan fisik dan mental, pastikanlah Anda juga sudah memiliki pola pikir yang benar (The Right Mindset) terhadap coachee dan yang terakhir bangunlah kepercayaan (Building Trust) coachee terhadap Anda. Apabila Anda merasa bahwa kepercayaan coachee terhadap Anda sudah mulai terbangun, segeralah mulai sesi coaching.

2. Inner Coaching

Pada proses kedua, sebagai seorang professional coach Anda harus menggali semua belenggu (self limiting beliefs) yang ada dalam diri coachee (Inner drive) dan Anda juga harus menggali orientasi atau motivasi coachee dalam mencapai tujuannya.

3. Outer Coaching 

Proses ketiga merupakan proses dimana coachee harus menyusun tujuan (goal), menemukan kekuatan yang dimiliki, mencari tahu apa saja yang akan menjadi penghambat tujuannya, dan coachee juga harus menentukan atau memprioritaskan apa tujuan (goal) yang ingin dicapai terlebih dahulu.

4. Post Coaching 

Proses ini merupakan proses yang terakhir, yaitu sebagai seorang professional coach Anda harus melakukan evaluasi dari sesi coaching tersebut. Proses ini juga bertujuan agar coach dan coachee mendapatkan masukan mengenai apa saja yang diperbincangkan selama sesi coaching berlangsung dan pada proses yang terakhir ini sebagai professional coach Anda juga dapat membuat rencana sesi coaching berikutnya kepada coachee.

Demikianlah penjelasan mengenai 3.0 Coaching Process, semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin menjadi seorang professioanal coach! Bila Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai 3.0 Coaching Process dan segala hal mengenai coaching, Anda dapat mengikuti program 3.0 Coaching Certification yang diadakan oleh ESQ Coaching Academy.

Untuk pendaftaran silakan, klik:

Coaching Certification Indonesia
Coaching Certification Indonesia
Coaching Certification Indonesia

Atau, hubungi tim ESQ di nomor :

0813 8249 1165 (WA Available)
0813 8249 1165 (WA Available)
0813 8249 1165 (WA Available)